Sinopsis:
Dalam Penularan Steven Soderbergh itu, Center for Disease Control Dr Ellis Cheever (Laurence Fishburne) diminta oleh seorang wakil dari Departemen of Homeland Security (Enrico Colantoni) jika pandemi tumbuh bisa menjadi serangan teroris. "Tidak perlu weaponize flu burung," Cheever merespon dengan tenang. "Burung-burung yang melakukan itu." Demikian pula, Soderbergh tahu ada tidak perlu sensasional pandemi. Pandemi sudah mengerikan sendiri. Dengan realistis menggambarkan respon terhadap maraknya penyebaran virus yang tidak diketahui, Soderbergh membuat kita merasa intensitas dan ketidakberdayaan situasi.Tapi di sisi mencoba untuk menangkap sebanyak mungkin cerita, beberapa karakter menjadi satu-dimensi, plotlines gagal, dan xenophobia yang tidak disengaja overshadows misophobia dimaksudkan.
Beth Emhoff (Gwyneth Paltrow) mengalami batuk sedikit saat ia menunggu di bandara Chicago untuk pulang ke Minneapolis dan bersama suaminya Mitch (Matt Damon) dan anak Clark (Griffin Kane). Pada sore berikutnya, dia sudah mati dari penyebab yang tidak diketahui. Kasus serupa mulai muncul di Hong Kong dan London. Cluster baru mulai tumbuh terinfeksi selama seminggu dan CDC penelitian Dr Erin Mears (Kate Winslet) kepala ke Minneapolis untuk menyelidiki kematian Emhoff dan klaster virus yang berkembang di kota, sementara Organisasi Kesehatan Dunia penelitian Dr Leonora Orantes (Marion Cotillard) kepala ke Cina untuk melacak asal-usul virus '. Sementara itu, di CDC, dokter Ally Hextall (Jennifer Ehle) dan David Eisenberg (Demitri Martin) mencoba untuk tumbuh virus di laboratorium sehingga mereka dapat mulai menguji vaksin. Akhirnya, freelance blogger Alan Krumwiede (Jude Law) merebut kesempatan untuk melaporkan cerita dan kemudian merebut kesempatan yang jauh lebih jahat karena ia memangsa pada ketakutan dan paranoia untuk memberi makan nya kompleks mesias.Dalam satu jam pertama, Penularan mahir saldo semua plotlines untuk menciptakan skenario cepat dan serius-berpikiran yang akan membuat Anda sakit untuk memadamkan diri dalam pembersih tangan. Kita melihat perspektif warga sebagai Mitch, yang kebal terhadap virus, mencoba untuk melindungi Jory putrinya (Anna Jacoby-Heron) tidak hanya dari virus, tetapi disintegrasi masyarakat dan keputusasaan massa. Perspektif CDC berjalan dengan langkah cepat dari film seperti yang kita lihat baik kekuatan dan kelemahan organisasi. Cerita film Orantes 'menyimpan cerita seluruh dunia dan keluar dari batas-batas "USA sini untuk Simpan Day", dan alur cerita Krumwiede dimulai di tempat yang kuat sebagai seseorang di luar batas-batas dari media mainstream dan jurnalisme tradisional mencoba untuk mengungkap apa yang organisasi kesehatan bersembunyi.
Tapi tidak semua plotlines tetap sehat. Investigasi Orantes 'menuntunnya ke dibohongi oleh pejabat Cina, dia diculik oleh penerjemah dan dibawa ke desanya sehingga "mereka akan berada di kepala garis untuk vaksin," dan itu cukup jelas dari awal bahwa virus berasal dari China karena tidak ada negara kode kesehatan. Cerita film ini fizzles keluar karena menjadi renungan dalam script, itu tidak berkontribusi pada narasi keseluruhan atau tema, dan karena semua karakter Asia licik dan mendua (bahkan jika motif mereka kadang-kadang simpatik), yang memukul seluruh usaha xenophobia.Film ini juga berjalan ke masalah dengan Krumwiede. Penularan tampaknya membenci internet lebih dari ketidakmampuan kita untuk cepat menangani pandemi. Setiap kali seseorang menyebutkan Internet, itu hanyalah rumor dan sumber untuk ketidakakuratan. Krumwiede bekerja tidak hanya mewakili kedua sifat (meskipun ia juga menemukan beberapa kebenaran), tetapi kemudian ia menjadi seorang penjahat penuh pada bukan orang sesat yang percaya dia ada di kanan. Ketika ia dipuji sebagai seorang nabi dan kita melihat poster dirinya sedang disiapkan di jalanan, ia berfungsi sebagai gangguan lebih lanjut karena Anda bertanya-tanya, "Siapa yang punya waktu dan sumber daya selama pandemi untuk membuat poster dan kemudian menempatkan mereka di London? "
Kekurangan ini menonjol karena Soderbergh tidak seperti pekerjaan yang luar biasa menggambarkan situasi sebagai realistis mungkin. Ada beberapa konsesi yang wajar seperti ilmuwan harus membungkuk aturan untuk mempercepat meja waktu mereka untuk menemukan obat, tapi itu jalan pintas narasi diterima karena menampilkan percobaan manusia untuk vaksin akan memperlambat momentum. Tapi ketika Cheever menunjukkan model virus di layar, itu, sederhana tanpa embel-embel gambar. Tidak ada grafis mewah atau layar sentuh. Model 3D hampir terlihat kuno tapi sebagai direbus karena perlu untuk membuat dampaknya.
Hal yang sama berlaku untuk Penyakit Menular. Kita tidak perlu, isyarat besar musik opera ketika kita memiliki berdebar pulsa, saraf-berderak jam-tik dari skor brilian Cliff Martinez. Kita tidak membutuhkan kinerja besar penuh dengan tindakan yang besar ketika kita memiliki kinerja yang cerdas yang menunjukkan keputusasaan orang yang mencoba untuk melindungi diri dan orang yang mereka cintai. Kita tidak perlu CGI mewah zoom-in ke aliran darah orang yang terinfeksi untuk melihat virus menyerang sel-sel mereka ketika close-up pada seseorang menyentuh pegangan atau wajah mereka jauh lebih efektif. Ini hanya ketika film kehilangan keaslian plotline atau motif karakter yang dibangun erat-Soderbergh wakil-pegangan mulai melemah. Penularan adalah yang terbaik ketika tidak mengandalkan trik buatan untuk menyampaikan ketakutan semua-terlalu-nyata.
Synopsis :
In Steven Soderbergh’s Contagion, the Center for Disease Control’s Dr. Ellis Cheever (Laurence Fishburne) is asked by a deputy from the Department of Homeland Security (Enrico Colantoni) if the growing pandemic could be a terrorist attack. “There’s no need to weaponize the bird flu,” Cheever calmly responds. “The birds are doing that.” Similarly, Soderbergh knows there’s no need to sensationalize a pandemic. The pandemic is already terrifying on its own. By realistically depicting the response to the rampant spread of an unknown virus, Soderbergh makes us feel the intensity and the helplessness of the situation. But in attempting to capture as many sides of the story as possible, some characters become one-dimensional, plotlines fizzle out, and unintentional xenophobia overshadows the intended misophobia.
Beth Emhoff (Gwyneth Paltrow) has a slight cough as she waits in a Chicago airport to go home to Minneapolis and be with her husband Mitch (Matt Damon) and son Clark (Griffin Kane). By the following afternoon, she’s dead from an unknown cause. Similar cases begin appearing in Hong Kong and London. New clusters of the infected start growing over the course of the week and CDC investigator Dr. Erin Mears (Kate Winslet) heads to Minneapolis to investigate Emhoff’s death and the city’s growing virus cluster while World Health Organization investigator Dr. Leonora Orantes (Marion Cotillard) heads to China to track the virus’ origin. Meanwhile, at the CDC, doctors Ally Hextall (Jennifer Ehle) and David Eisenberg (Demitri Martin) attempt to grow the virus in a lab so they can begin testing vaccines. Finally, freelance blogger Alan Krumwiede (Jude Law) seizes the opportunity to report the story and then seizes a far more villainous opportunity as he preys upon fear and paranoia to feed his messiah complex.
In its first hour, Contagion masterfully balances all of these plotlines to create a fast-paced and serious-minded scenario that will leave you aching to douse yourself in hand sanitizer. We see the citizen perspective as Mitch, who is immune to the virus, tries to protect his daughter Jory (Anna Jacoby-Heron) from not only the virus, but the disintegration of society and the desperation of mobs. The CDC perspective runs with the fast pace of the film as we see both the strengths and the weaknesses of the organization. Orantes’ plotline keeps the story worldwide and out of the bounds of “USA Here to Save the Day”, and Krumwiede’s storyline begins in a strong place as someone outside the bounds of the mainstream media and traditional journalism tries to uncover what the health organizations are hiding.
But not all of the plotlines remain healthy. Orantes’ investigation leads her to be lied to by Chinese officials, she’s abducted by her translator and taken to his village so “they’ll be at the head of the line for the vaccine,” and it’s pretty clear from the outset that the virus originated in China because of the country’s non-existent health codes. The plotline fizzles out because it becomes an afterthought in the script, it doesn’t contribute to the overall narrative or themes, and since all of the Asian characters are sneaky and duplicitous (even if their motives are occasionally sympathetic), the whole endeavor smacks of xenophobia.
The film also runs into trouble with Krumwiede. Contagion seems to hate the Internet more than our inability to quickly deal with a pandemic. Every time someone mentions the Internet, it’s nothing but a source for rumor and inaccuracies. Krumwiede’s work not only represents both these qualities (although he also finds some truth), but then he becomes a full-on villain rather than a misguided person who believes he’s in the right. When he’s hailed as a prophet and we see posters of him being put up in the street, it serves as a further distraction because you’re left wondering, “Who had the time and resources during a pandemic to make posters and then put them up around London?”
These shortcomings stand-out because Soderbergh does such a tremendous job of depicting the situation as realistically as possible. There are some reasonable concessions like scientists having to bend the rules in order to speed up their time table on finding a cure, but it’s an acceptable narrative shortcut because showing human trials for the vaccine would slow the momentum. But when Cheever is showing a model of the virus on screen, it’s a simplistic, no-frills image. There are no fancy graphics or touch-screens. The 3D model almost looks old-fashioned but it’s as boiled down as it needs to be in order to make its impact.
The same goes for Contagion. We don’t need a big, operatic music cues when we have the pulse-pounding, nerve-rattling clock-tick of Cliff Martinez’s brilliant score. We don’t need a grand performance filled with big actions when we have smart performances that show the desperation of people trying to protect themselves and their loved ones. We don’t need a fancy CGI zoom-in to an infected person’s blood stream to see the virus attacking their cells when a close-up on someone touching a handrail or their face is far more effective. It’s only when the film loses the authenticity of a plotline or a character’s motives that Soderbergh’s tightly-constructed vice-grip begins to weaken. Contagion is at its best when it doesn’t rely on artificial tricks to convey an all-too-real fear.